Home » » Foto Etnics Suku Asmat Papua

Foto Etnics Suku Asmat Papua

Written By Blogger Cybermales on Friday, February 17, 2012 | 3:40 AM

Propinsi Irian Jaya atau Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea.

Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat, sehingga sering disebut sebagai Papua Barat terutama oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM), gerakan separatis yang ingin memisahkan diri dari Indonesia dan membentuk negara sendiri. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, wilayah ini dikenal sebagai Nugini Belanda (Nederlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea). Setelah berada bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia Indonesia, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002.

Nama provinsi ini diganti menjadi Papua sesuai UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua. Pada tahun 2003, disertai oleh berbagai protes (penggabungan Papua Tengah dan Papua Timur), Papua dibagi menjadi dua provinsi oleh pemerintah Indonesia; bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Provinsi Irian Jaya Barat (setahun kemudian menjadi Papua Barat). Bagian timur inilah yang menjadi wilayah Provinsi Papua pada saat ini.

Kelompok suku asli di Papua terdiri dari 255 suku, dengan bahasa yang masing-masing berbeda. Suku-suku tersebut antara lain:

    Ansus
    Amungme
    Asmat
    Ayamaru, mendiami daerah Sorong
    Bauzi
    Biak
    Dani
    Empur, mendiami daerah Kebar dan Amberbaken
    Hatam, mendiami daerah Ransiki dan Oransbari
    Iha
    Kamoro
    Mandobo/Wambon
    Mee, mendiami daerah pegunungan Paniai
    Meyakh, mendiami Kota Manokwari
    Moskona, mendiami daerah Merdei
    Nafri
    Sentani, mendiami sekitar danau Sentani
    Souk, mendiami daerah Anggi dan Menyambouw
    Waropen
    Wamesa
    Muyu
    Tobati
    Enggros
    Korowai
    Fuyu

Salah satu senjata tradisional di Papua adalah Pisau Belati. Senjata ini terbuat dari tulang kaki burung kasuari dan bulunya menghiasi hulu Belati tersebut. senjata utama penduduk asli Papua lainnya adalah Busur dan Panah. Busur tersebut dari bambu atau kayu, sedangkan tali Busur terbuat dari rotan. Anak panahnya terbuat dari bambu, kayu atau tulang kangguru. Busur dan panah dipakai untuk berburu atau berperang.

Berikut Foto Masyarakat Adat papua dari suku Asmat yang ada hingga saat ini :





















3 comments:

About Me